Thursday 6 March 2014

PELUANG USAHA KONVEKSI SERAGAM SEKOLAH


Seragam sekolah sangat dibutuhkan terlebih ketika masuk tahun ajaran baru. Dari mulai tingkat PAUD, TK, SD, SMP dan SMA pasti membutuhkan seragam sekolah untuk siswa baru. Hal itulah yang akan dibahas dalam posting kali ini, bagaimana kita bisa menangkap peluang usaha konveksi seragam sekolah. Coba anda bayangkan dan data berapa banyak sekolah dari tingkat PAUD sampai SMA yang ada disekitar kita. Berapa banyak jumlah siswa per sekolahnya?...Ketika anda kalkulasikan pasti besar bukan?..peluang usaha itulah yang akan kita ambil dalam posting kali ini.
Baiklah kita mulai dengan hal – hal apa saja yang harus kita perhatikan untuk bisa menangkap peluang usaha konveksi seragam sekolah :
Tempat Usaha
Usahakan tempat usaha ini dijalankan dirumah, untuk meminimalkan biaya sewa yang cukup memberatkan diawal usaha dan dengan pertimbangan bahwa letak tempat usaha konveksi bukan menjadi bahan pertimbangan penting konsumen ketika akan memesan seragam kepada kita.
Karyawan 
Untuk karyawan tergantung berapa banyak mesin jahit kita ditambah karyawan untuk quality control, pemasangan kancing, pemasangan resleting, tukang setrika dan bagian paking. Pada awalnya ketika order belum begitu banyak karyawan bisa merangkap melakukan pekerjaan lebih dari satu pekerjaan.
Harga
Untuk harga seragam pada dasarnya tergantung bahan dengan margin keuntungan sekitar 30%. Sebagai gambaran harga seragam SD berkisar 45 – 50 ribu per stel, untuk SMP 60 – 65 ribu, dan untuk SMA berkisar 70 – 75 ribu rupiah per stel nya.
Itulah hal – hal yang perlu diperhatikan ketika kita akan mendirikan usaha konveksi seragam sekolah.
Bagi anda yang bekerja sebagai guru ataupun sebagai staf tata usaha disekolah. Peluang usaha ini merupakan peluang yang sangat baik untuk anda. Ada 2 hal yang bisa anda lakukan:
1.   Sebagai perantara
Anda bisa menjadi perantara pemesanan seragam sekolah. Anda hanya cukup memastikan bahwa pengadaan seragam sekolah anda merupakan tanggung jawab anda, setelah itu anda tinggal mencari tempat pembuatan seragam sekolah. Untuk langkah itu diupayakan anda mendatangi atau menghubungi lebih dari satu konveksi hingga anda bisa membandingkan harga. Untuk kualitas anda tidak perlu repot karena pada dasarnya kualitas seragam tidak akan jauh berbeda dan juga karena memang ini seragam untuk siswa sekolah jadi kualitas bukan hal yang terpenting.Dengan anda menjadi perantara pengadaan seragam sekolah anda akan mendapatkan komisi dari pemilik konveksi yang jumlah nya tergantung perjanjian awal anda dengan pemilik konveksi.
2.   Mendirikan usaha konveksi seragam sekolah
Langkah inilah yang merupakan langkah terbaik yang bisa anda lakukan ketika pekerjaan anda sebagai guru atau staf tata usaha disekolah. Karena ketika anda mendirikan konveksi seragam sekolah, besar kemungkinan sekolah anda akan memesan kepada anda, ditambah lagi relasi guru – guru dari sekolah lain pastinya anda punyai. Hal itulah yang akan membuat usaha konveksi anda cepat berkembang dan kebanjiran pesanan seragam sekolah.

Peluang usaha ini cukup menjanjikan karena banyak sekali sekolah yang ada disekitar kita. Dengan kata lain permintaan atau kebutuhan terhadap seragam sekolah dari tahun ke tahun nya sangat besar. Dan usaha jenis ini akan terus bertahan selama masih ada sekolah dan siswa. Silahkan anda manfaatkan peluang usaha ini dan anda juga bisa menemukan ide yang lainnya dengan membaca 25 ide usaha rumahan sukses.




1 comment:


  1. terimakasih Info yang menarik.. Kami menyediakan
    Seragam Sekolah murah berkualitas.

    ReplyDelete