Monday 17 February 2014

USAHA KECIL MODAL KECIL UNTUNG BESAR




Apakah bisa mendirikan usaha kecil dengan modal kecil tapi untung besar?...Jawaban nya bisa…
Hambatan terbesar ketika akan mendirikan suatu usaha atau bisnis adalah adanya ketakutan dan kekhawatiran akan kegagalan. Padahal didirikan usahanya juga belum sudah terpikir kegagalan. Ada banyak orang yang berpikiran seperti itu, makanya posting kali ini akan kita bahas mendirikan usaha kecil dengan modal kecil tetapi untungnya besar. Dengan modal yang kecil secara otomatis akan mengatasi ketakutan akan kegagalan usaha yang mengakibatkan kerugian, karena kalapun kita gagal kerugian yang diakibatkan oleh kegagalan itu relative kecil. Anda juga harus membaca tips memulai bisnis rumahan agar bisa meminimalkan resiko kegagalan.

Perlu kita sadari bahwa modal bukan hanya sebatas uang, karena modal itu bisa berupa ide usaha, waktu, semangat, karakter, mental. Oleh sebab itu kesuksesan kita dalam membangun usaha bukan hanya terbatas kepada berapa besarnya modal yang berupa uang yang kita miliki, tapi selian itu juga sikap mental sukses itu juga memiliki peranan yang sangat penting.

Berikut langkah – langkah yang harus anda lakukan untuk membangun usaha kecil dengan modal kecil dan untung besar :
  • Mengapa anda harus melakukan itu?. Carilah alasan yang sangat kuat dalam diri anda tentang mengapa anda harus membuka usaha. Hal itu lah yang akan menjadikan anda selalu bersemangat ketika membuka usaha dan anda juga akan menjadi pribadi yang pantang menyerah. Seringkali yang terpenting bukan apa yang ingin anda raih tetapi yang terpenting alasan anda untuk meraih itu. Alasan yang kuat akan membuat energi yang besar dan menggerakkan sumber daya maksimal yang anda miliki
  • Tentukan jenis usahanya. Setelah anda mempunyai alasan yang sangat kuat, barulah kemudian anda menentukan jenis usaha kecil yang anda pilih. Usahakan jenis usahanya itu sesuai dengan minat dan bakat anda. Karena usaha yang didasari oleh minat dan bakat anda akan mempermudah anda untuk menjalaninya. Tetapi anda tidak menutup kemungkinan untuk memilih jenis usaha bukan karena pertimbangan minat dan bakat tetapi karena pertimbangan yang lainnya. Untuk menemukan ide jenis usaha apa yang akan anda jalani silahkan baca 4 cara termudah menemukan ide usaha rumahan.
  • Modal yang akan anda investasikan.. Langkah selanjutnya anda melakukan pendataan tentang modal yang akan anda investasikan untuk merealisasikan ide usaha anda. Berapa uang yang akan anda investasikan?berapa waktu yang akan anda habiskan untuk menjalankan usaha ini? 
  • Libatkan istri/ suami…Banyak orang beranggapan bahwa ketika kita menjalankan usaha dengan melibatkan pasangan hidup kita seperti istri atau suami akan membuat usaha menjadi ribet. Itu alasan yang tidak berdasar. Ribetnya usaha itu bukan karena adanya mereka tetapi karena kita tidak bisa mengatur management usaha kita. Tempatkanlah pasangan kita diposisi yang sudah kita tentukan dengan tetap keputusan-keputusan strategis kita yang memutuskan.
  • Berkumpul dengan orang sukses. Lingkungan merupakan faktor penting dalam meraih kesuksesan usaha. Dengan lingkungan yang bagus anda akan mendapatkan banyak manfaat, disamping semangat anda akan terjaga, ditambah anda juga akan mempunyai relasi usaha yang luas dan hal itu akan membuat bisnis anda semakin berkembang. Dan juga anda bisa belajar dari pengalaman-pengalaman mereka hingga anda bisa meminimalkan resiko kegagalan.
  • Fokus dan komitmen. Langkah yang terakhir adalah fokus dan komitmen terhadap usaha yang sedang anda jalani. Tanpa fokus dan komitmen anda hanya akan membuang waktu dengan menjalankan usaha kecil tersebut. Tapi bukan berarti anda tidak bisa menjalankan usaha yang lain. Tapi anda harus fokus dan komitmen sepenuhnya sampai usaha anda menghasilkan keuntungan dan sampi usaha anda bisa tersistem dengan baik dan selanjutnya anda bisa mengurangi peran anda diusaha tersebut tanpa harus mengganggu usaha tersebut

No comments:

Post a Comment